Home > News Flash > 5 Siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2010 di Medan

5 Siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2010 di Medan

Diposting oleh: Aminu Irfanda Supanda &  Jabaruddin

Sumbawa Besar – psbq SMAN 1 Sumbawa Besar

Olimpiade Sains Nasional ke-9 akan dilaksanakan 1 – 7 Agustus 2010 di Medan, Sumatera Utara. Perhelatan akbar bidang sains ini merupakan ajang spektakuler bagi siswa-siswi terbaik Indonesia, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SLB, untuk membuktikan mereka adalah siswa-siswi jenius yang dimiliki negeri ini.  Tahun ini, khususnya di tingkat SMA olimpiade Sains Nasional 2010 diikuti oleh 872 siswa dari 33 provinsi di Indonesia. Mereka merupakan peserta yang berhasil lolos dari tahapan seleksi berjenjang mulai dari sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi. Olimpiade Sains Nasional diselenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan bidang sains melalui budaya belajar; berkarya dan pengembangan potensi diri, sikap kompetitif serta meningkatkan dan memperkokoh rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu juga dapat menjaring siswa-siswa unggul di bidang sains, matematika, dan teknologi untuk dipersiapkan menjadi tim nasional yang akan berkompetisi di tingkat internasional. Adapun bidang studi yang akan diperlombakan yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, dan kebumian. Para peserta akan mengikuti serangkaian tes, baik teori maupun praktikum, serta kegiatan yang bersifat rekreasi edukatif.

Menurut Kasubdit Kegiatan Kesiswaan Direktorat Pembinaan SMA, bisa berada di OSN Medan ini bukan hal yang mudah, para siswa dipilih melalui seleksi ketat dari tingkat sekolah kabupaten/kota hingga provinsi. Saat ini mimpi itu telah menjadi wujud nyata, para siswa yang berada di tengah-tengah  olimpiade sains,  merupakan bukti dari perjuangan mereka selama ini.  OSN yang diselenggarakan di Medan Sumut,  adalah ajang prestisus untuk memperoleh siswa-siswi yang unggul di bidang sains, yang mampu berbicara banyak di tingkat olimpiade internasional. Di samping itu, OSN juga cerminan dari pengembangan potensi diri dan sikap kompetitif yang dapat memperkokoh rasa persaudaraan dan persatuan bangsa. Pemerintah menyiapkan beasiswa bagi para pemenang Olimpiade Sains Nasional IX atau OSN IX yang digelar di Medan mulai tanggal 1 sampai 7 Agustus. Para pemenang OSN IX juga akan diseleksi untuk diikutkan dalam olimpiade tingkat internasional.
“Para pemenang akan langsung kami data siapa saja mereka. Melalui Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, kami memfasilitasi beasiswa untuk pendidikan ke jenjang berikutnya. Ini perintah Bapak Presiden langsung,” ujar Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan ONS IX di Lapangan Merdeka, Medan, Senin (2/8/2010).


SMA Negeri 1 Sumbawa Besar seperti diungkapkan Bapak Kepala Sekolah Fahrizal, S.Pd. M,.Pd. berhasil mengirimkan 13 wakil pada Seleksi OSN Tingkat Propinsi, mereka memperoleh juara pada tingkat kabupaten antara lain: Bidang Matematika M. Saddam Nashadaqu (Juara II); Bidang Fisika Muhammad Irsyad (Juara I), Fatrian Dwicahya (Juara II), Nurulia Shinta Rahmani (Juara III), Bidang Kimia Febryan Amir Tarisa (Juara I), Bidang Biologi, Fitrianti (Juara I), Rahayu Novitasari (Juara II), Lolita (Juara III), Bidang Komputer Amanda Pratama Putra (Juara I), Abdul Abid Suhendra (Juara II), Wahyu Firdaus Mauliddan (Juara III), Bidang Kebumian Ratna Permatasari (Juara I), Susilawati (Juara II). Lima siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar yang sukses melalui seleksi OSN tingkat Provinsi dan diundang mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2010 di Medan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat antara lain: Bidang Fisika Muhammad Irsyad; Bidang Kimia Febryan Amir Tarisa; Bidang Biologi Fitrianti; Bidang Komputer Amanda Pratama Putra; Bidang Kebumian Ratna Permatasari.

Categories: News Flash
  1. Aminu Irfanda Supanda
    October 12, 2010 at 3:54 am

    Selamat untuk kalian. Tetap semangat!!!

  2. rozi
    October 16, 2010 at 10:52 am

    selamat teman-teman….😉

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: