Home > News Flash > Sosialisasi Implementasi Open Source Software di Kabupaten Sumbawa

Sosialisasi Implementasi Open Source Software di Kabupaten Sumbawa

Diposting oleh: Admin

Sumbawa Besar – psbq SMAN 1 Sumbawa Besar

Berdasarkan INPRES No.6 Tahun 2001, tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia, yang merupakan salah satu kerangka kebijakan dan strategi pengembangan teknologi informasi, pemerintah akan mendorong perkembangan industri informasi content dan aplikasi, dimana pendayagunaan perangkat lunak open source perlu mendapat perhatian khusus.

Diikuti deklarasi bersama pencanangan program Indonesia, Go Open Source! oleh lima lembaga/institusi pemerintah pada Tahun 2004. Selanjutnya Peraturan Presiden No.7, Tahun 2005 tentang RPJMN 2004-2009, adanya: “Program peningkatan penggunaan Open Source System ke seluruh institusi pemerintah dan lapisan masyarakat”. serta terbitnya Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika No. 05/SE/M.KOMINFO/10/2005 kepada seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah untuk menggunakan software legal dengan pilihan cerdas menggunakan Open Source Software, merupakan dasar dan dorongan bahwa instansi pemerintah Indonesia sudah dapat memanfaatkan Open Source Software secara maksimal.

Senin, 11 Oktober 2010 di Ruang Sidang Lt. 3 Kantor Bupati Sumbawa, pembukaan rangkaian kegiatan Model Implementasi Software Legal Berbasis OSS berupa kegiatan Sosialisasi digelar. Level pimpinan dari kantor Bupati dan Muspida hadir dalam acara ini, yaitu H. M. Nur, SH. MH – Penjabat Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah – Sekda Sumbawa, AKBP Kurnianto Purwoko, SH – KAPOLRES Sumbawa, Letkol Infantri A. Eko Mulyadi – Komandan Distrik Militer Sumbawa, Parnaehan Silitonga, SH – Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, Dwi Harto, SH, MH – Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, H. A. Rahman HMS – Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, perwakilan guru serta pebisnis warnet dan penjual komputer.

Acara diawali dengan laporan dari Drs. H. Nukman H. Yusuf – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati. Dalam sambutannya Bapak Bupati menyampaikan bahwa Pemda Sumbawa perlu melakukan pembelanjaan anggaran yang tepat agar arah investasi lebih jelas terasa untuk masyarakat, tidak terbuang percuma keluar dari daerah. Oleh karena itu dipandang penting untuk mengimplementasikan software legal berbasis OSS.

Hadir sebagai pembicara, Kasubid Identifikasi Kebutuhan Iptek Industri Strategis – Kementerian Riset dan Teknologi yang menyampaikan mengenai kebijakan pemerintah dalam implementasi software legal berbasis OSS melalui gerakan IGOS, Andik Martrijono – Kasi Ektensifikasi Perpajakan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa yang menyampaikan perihal pajak yang didapatkan negara dari impor software, dan Lukman Bayuwarsah, SH – Bagian Hukum Setda Sumbawa yang menyampaikan legal hukum dari pembajakan software.

Setelah dilakukan sosialisasi, rangkaian kegiatan pembuatan Model Implementasi OSS ini akan dilanjutkan dengan instalasi OSS pada komputer Pemda, pelatihan untuk pengguna, dan pelatihan untuk administrator. Kegiatan ini melibatkan Daya Makara UI sebagai pelaksana dan KPLI NTB sebagai tim teknis.

Diharapkan model implementasi OSS yang telah dibentuk ini akan menjadi contoh untuk diduplikasi pada komputer lainnya dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, bahkan di pemerintah daerah lainnya di wilayah NTB.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: