Home > News Flash > Siswa-siswa SMAN 1 Sumbawa Besar Melaksanakan Uji Kompetensi Bahasa Inggris (Test of English Proficiency, TOEP) Tahun 2010

Siswa-siswa SMAN 1 Sumbawa Besar Melaksanakan Uji Kompetensi Bahasa Inggris (Test of English Proficiency, TOEP) Tahun 2010

Diposting oleh : Admin

Sumbawa Besar – psbq SMAN 1 Sumbawa Besar

Salah satu program Direktorat pada tahun 2009 dalam rangka peningkatan mutu SMA  (khususnya mutu lulusan) adalah melanjutkan program rintisan uji Kompetensi Bahasa Inggris (Test of English Proficiency/TOEP) bagi peserta didik  yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Pada tahun 2008-2009 Berbagai kegiatan persiapan menuju pelaksanaan uji kompetensi peserta didik SMA, seperti penyusunan naskah akademik, penyusunan kisi-kisi, pembuatan soal tes dan bahan-bahan lain yang mendukung terlaksananya uji kompetensi telah dilakukan. Menurut penuturan Wakasek Manajemen Mutu/PJP SMA Model SKM-PBKL-SKM Agus Surya Pratama, S.Pd. kegiatan Uji Kompetensi dilaksanakan di seluruh tanah air dan melibatkan berbagai unsur terkait khususnya Tim Pengembang dan Pembuat Soal dari UNY, UGM, UM. Di samping itu dilakukan pula penyempurnaan teknis dan materi soal dari perguruan tinggi lainnya yaitu UPI, UNJ, UNESA, UNIJA, UNS, UNTIRTA, Universitas Satya Wacana serta para guru terkait mata pelajaran Bahasa Inggris.

Untuk tahun 2010 kegiatan yang berkaitan dengan uji kompetensi bahasa Inggris adalah melakukan koordinasi, perakitan soal dari soal, pelaksanaan uji kompetensi dan penyusunan laporan. Pada saat ini akan dilakukan uji kompetensi Bahasa Inggris di 100 sekolah model SKM-PBKL-SKM yang melibatkan semua peserta didik di kelas XII. Sekolah tersebut berada di 33 provinsi.

Tujuan tes uji kompetensi Bahasa Inggris  (Test of English Proficiency/TOEP) bagi peserta didik SMA, yaitu untuk mengetahui tingkat kemahiran peserta didik terhadap penguasaan  bahasa Inggris di 100 sekolah. Peserta UK Bahasa Inggris di  SMAN 1 Sumbawa Besar  sebanyak 222 orang dari kelas XII meliputi  Program IPA dan Program IPS.

Gambar: Suasana Uji Kompetensi Bahasa Inggris di salah satu ruangan

Menurut penjelasan Ketua Pelaksana Teknis Kegiatan  Muhammad Ihsan, S.S. pelaksanaan uji kompetensi Bahasa Inggris  TOEP di SMA Negeri 1 Sumbawa Besar dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Direktorat Pembinaan SMA dengan melibatkan Perguruan Tinggi Universitas Negeri Yogyakarta dan panitia teknis di lingkungan SMAN 1 Sumbawa Besar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada  hari Kamis, 14 Oktober 2010 dengan waktu pelaksanaan mulai pukul 08.00 – 10.00 wita. Tenaga pendukung yang berperan serta selama kegiatan UK-TIK  di SMA Negeri 1 Sumbawa Besar berlangsung terdiri atas Petugas Pusat 2 orang antara lain: Dra. Budi Wijayani, M.Si dari Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional dan DR. Widyastuti Purbani, M.A. dari Universitas Negeri Yogyakarta; Pengawas dari sekolah penyelenggara 28 orang guru dan Panitia 5 orang.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: